Kali ini aku akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat database SQL Server dengan menggunakan tools dari Microsoft adalah Microsoft SQL Server Management Studio. Software bisa didownload di sini: www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=8961

Membuat Database Sql Server

Ok kita mulai tutorialnya pertama-tama yang harus kita lakukan ialah masuk ke dalam Microsoft Management Studio dengan mengisi server username dan password. Buka aplikasi sehingga tampil tampilan obrolan login seperti berikut ini. Pilih server type Database Engine kemudian isikan Server name: NAMA-PC\SQLEXPRESS seperti model di bawah ini. Kemudian pilih authentication Windows Authentication supaya kita bukan perlu memasukkan username+password cukup menggunakan account windows. Kemudian klik Connect.

Cara Membuat Database dan Tabel Sql Server


Setelah itu akan tampil tampilan explorer di samping ialah nama koneksi dan folder-folder di dalamnya. Kita akan membuat suatu database baru maka kita klik kanan folder Databases kemudian klik New Database... Maka akan tampil obrolan New Database.

Pada obrolan tersebut isikan pada Database name: Perpustakaan kemudian klik OK. Kita akan membuat database bernama Perpustakaan. Maka sekarang tampilan explorer pada folder Databases bertambah satu adalah database Perpustakaan.

Membuat Tabel Sql Server

Setelah itu langkah selanjutnya ialah kita akan membuat table pada database Perpustakaan. Expand database perpustakaan (mengklik tombol + di sebelah kiri tulisan Perpustakaan di explorer) kemudian klik kanan Tables lalu New Table... Maka akan muncul suatu tab baru untuk menambahkan kolom-kolom yang akan dirancang pada table. Isikan kolom-kolom berikut yang diperlukan untuk table yang akan kita buat.

Kita akan menjadikan kolom id menjadi primary key langkah yang harus diterapkan yaitu klik kanan kolom id kemudian pilih Set Primary Key. Maka akan tampil gambar kunci di samping kirinya dan tanda pada kolom Allow Nulls menjadi uncheck. Selain diset menjadi primary key kita akan mengeset kolom id ini supaya menjadi kolom yang Auto Increment atau nilai int nya selalu bertambah. Caranya yaitu dengan mengubah property Is Identity menjadi Yes. Lihat gambar berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Database dan Tabel Sql Server"

Post a Comment