1.1 Latar Belakang Masalah

Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk mencapai efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi, yang ditunjukkan dengan kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan keakuratan informasi. Sebagai daerah tujuan wisata dan kebutuhan lain terutama di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, Kabupaten Bireuen mempunyai berbagai macam jenis dan ragam pertokoan.
Kebanyakan pendatang ke Kabupaten Bireuen untuk berbelanja keperluan yang diperlukan serta mencari tempat untuk rehat.Pemerintah daerah merupakan salah satu aspek  untuk  meningkatkan  pendapatan daerah.  Salah  satu  kendala  yang  dihadapi  oleh  pemerintah  daerah  dalam  hal mempermudah pendatang dari luar Kabupaten adalah tidak adanya sistem informasi yang efektif untuk para pendatang yang menjadi acuan dari tempat yang akan didatangi.
Dalam penyampaian informasinya masih manual, seperti pemberian brosur, pamflet, poster, dan buku-buku dilakukan jika ada pendatang yang datang berkunjung denagn tujuan mencari barang yang hendak dimiliki atau mencari tempat (Ruko).
Untuk mengatasi permasalahan ini, perencanaan spasial sangat berperan.  Penerapan SIG (Sistem Informasi Geografi) merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui lokasi pertokoan di kabupaten Bireuen. Karena telah diakui SIG  mempunyai  kemampuan  yang  sangat  luas,  baik  dalam  proses  pemetaan  dan analisis  sehingga  teknologi  tersebut  sering  dipakai  dalam  proses  perencanaan  tata ruang. 
Penggunaan ponsel atau perangkat bergerak saat ini digunakan oleh  hampir seluruh lapisan masayarakat, sehingga perangkat bergerak menjadi media  yang sangat tepat untuk  diimplementasikan  aplikasi  SIG  didalamnya.  Oleh karena itu peneliti akan mencoba mengembangkan aplikasi mobile yang berbasiskan android dalam pembuatan aplikasi. 
Dari  uraian  di  atas  akan  dibangun  sebuah  sistem  aplikasi  SIG  yang  berbasis mobile  Android. Dimana aplikasi ini nantinya memberikan informasi mengenai peta letak pertokoan di kabupaten bireuen dan informasi tentang fasilitas pendukung lainnya.
Maka dari itu penulis mengganggap serius permasalahan ini, sehingga pada tugas akhir kuliah atau disebut dengan skripsi. Penulis mengangkat judul“SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERTOKOAN KABUPATEN BIREUEN BERBASIS ANDROID”. Dengan sistem informasi geografis tersebut diharapkan pendatang dapat dengan mudah mendaptkan lokasi tujuan dengan tidak lagi nyasar ke Toko lain. Diharapkan pula dengan adanya aplikasi berektensi Apk ini pemerintah kabupaten bireuen khususnya dapat terbantu serta mendukung penelitian penulis untuk mengembangkan Aplikasi ini kearah yang lebih maju.
 

1.2       Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah penulis kemukakan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana memberikan informasi yang mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi lokasi pertokoan yang di tuju?
2. Bagaimana mengimplementasikan aplikasi sistem informasi pertokoan kedalam smartphone?

1.3       Batasan Masalah 

Mengingat banyak dan luasnya permasalahan yang dihadapi, maka pembahasan permasalahan dalam implementasi sistem khususnya adalah:
1. Sistem ini hanya sebatas informasi geografis toko Habdphone di Kabupaten Bireuen. 
2. Aplikasi ini di gunakan untuk smartphone berbasis android.
3. Perancangan interface menggunakan adobe CS6, database yang digunakan adalah MySql dan Eclipse digunakan untuk membuat file apk.

1.4 Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian dalam masalah ini adalah merancang sebuah aplikasi berbasis android yang mampu memberikan informasi pertokoan yang ada di Kabupaten Bireuen guna mempermudah pencarian lokasi yang dituju.

1.5 Manfaat Penelitian

1. Manafaat bagi peneliti
Dengan penelitian ini, di harapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan sehingga dapat menambah kesempurnaan dalam penelitian berikutnya.
2. Manafaat bagi Mahasiswa
Dengan hasil penelitian yang akan dicapai, diharapkan dapat menjadi acuan untuk peneliti selanjutnya dalam mengembangkan aplikasi berbasis informatika menjadi lebih maju.
3. Manfaat  bagi Pengguna (User)
Sistem informasi geografis ini diharapkan dapat membantu warga lokal dan khususnyan warga pendatanng diluar Kabupaten Bireuen terkait dalam mencari informasi keberadaan pertokoan.

1.6. Metode Penelitian 

Adapun beberapa metode yang dilakukan dalam penyelesaian skripsi ini: 
1. Studi Literatur 
Mengumpulkan informasi dan mempelajari materi serta sumber-sumber data yang berhubungan dengan pemetaan daerah kota serta mencai materi dari sumber-sumber lain yang terkait dengan penelitian.
2. Observasi 
Metode ini dilaukan dengan cara mengamati secara langgsung sistem yang sudah berjalan
3. Wawancara
Metode ini dilakukan dengan cara Tanya jawab dengan sumber-sumber terpercaya tentang data-data yang dianggap penting oleh peneliti.

1.7. Sistematika Penulisan 

Adapun penulisan skripsi ini, penulis akan menjelaskan sistematika penulisan yang terdiri dari beberapa bab yaitu
BAB 1 PENDAHULUAN 
Bab ini menjelaskan latar belakang dari masalah yang di bahas dalam skripsi ini, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI 
Bab ini merupakan penjelasan mengenai teori-teori yang mendukung pembahasan tugas akhir khususnya yang berkaitan dengan sistem informasi berbasis web menggunakan jejaring sosia Bab ini juga menjelaskan tentang teori-teori yang mendasari pembahasan secara detail, dapat berupa definisi-definisi atau model yang berkaitan dengan ilmu atau masalah yang diteliti.

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menguraikan tentang analisis terhadap permasalahan yang terdapat di kasus yang sedang diteliti, meliputi analisis terhadap masalah sistem yang sedang berjalan, analisis hasil solusinya, analisis kebutuhan terhadap sistem yang diusulkan. Perancangan sistem berisikan metode penyelesaian masalah sistem lama dengan menbuat rancangan untuk sistem baru yang diusulkan
BAB IV IMPLEMENTASI
Bagian ini berisi penjalasan tentang lingkungan implementasi (OS, Perangkat keras dan bahasaPemograman yang digunakan), Ike Ike implementasi analisa dan perancangan sistem dari asing-masing modul dan kas (relasi) serta algoritma yang diimplementasikan

BAB V PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN
Untuk kategori topik pengembangan perangkat lunak , maka bagian ini berisi penjelasan tentang strategi pengujian (unit,integrasi dan validasi) dan teknik pengujian (Black Box atau White Box) yang dilakukan. Dijelaskan juga seluruh hasil uji berserta hasil pengujian. Didalam penjelasan setiap kasus uji harus dimasukkan antara  lain tujuan, data masukan, prosedur uji dan hasil yang diharapkan.

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan memuat secara singkan dan jelas tentang hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan tujuan penelitian. Kesimpulan berdasarkan atas pengujian dan analisa yang dilakukan dalam proses penelitian. Kesimpulan mempunyai korelasi dengan rumusan masalah. Saran digunakan untuk menyampaikan masalah yang dimungkinkan untuk penelitian lebih lanjut.  Saran berisi hal-hal yang diperlukan dalam rangka pengembangan topic sripsi selanjutnya maupun perbaikan yang harus dilakukan sesuai dengan kesimpulan yang didapatkan


UNDUH FILE LENGKAPNYA DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Informasi Geografis Pertokoan Kabupaten Bireuen Berbasis Android"

Post a Comment