Kali ini admin akan mencoba membagikan cara membuat database MySql  di Xampp. mungkin bagi pemula akan sangat sulit dipahami cara pembuatan database MySql, namun bagi master tentu sudah sangat mudah.

Langka-Langkah Membuat Database MySql di Xampp


Untuk membuat database MySql anda harus memiliki xampp yang sudah di install terlebih dahulu, jika belum punya silahkan Download Xampp. jika belum tau cara menginstall xampp  silahkan baca Cara instal Xampp di windows 7.
jika sudah ada silahkan dilanjutkan dengan pembuatan databasenya. saya menggunakan Xampp Versi 1.7.0

Pertama buka browser anda, ketikkan pada url "localhost/phpmyadmin" lalu enter.

Lalu pada "Ciptakankan Database Baru" silahkan isikan nama database yang ingin anda buat kemudian Klik "Ciptakan".
 Setelah database dibuat, maka nama database anda akan terlihat disisi kiri. selanjutnya buat tabel dengan nama "login" dan masukkan jumlah kolom yang ingin dibuat kemudian klik "go"

Setelah proses tabel dibuat, kita akan mengatur struktur tabel dengan mengisikan :
Kolom pertama diisi Field "id", Jenis "int", Ukuran/ Panjang "11", Indexs "PRIMARY", dan Centang pada "AutoIncrement". pada kolom kedua isikan Field "username", Jenis "Varchar", Ukuran/ Panjang "30" dan kolom ketiga isikan Field "password", Jenis "text", Ukuran/ Panjang "". yang lain dibiarkan kosong saja. lalu klik Simpan


Penjelasan : Pada kolom pertama id digunakan sebagai primary key, dan autoinceremt agar nomor otomatis dibuat oleh mysql. dan pada kolom username kita gunakan Varchar, tapi jika sobat ingin membuat char silahkan, karena Beda Varchar dengan Char hanya ukuran karekter saja. untuk Varchar dibaca sekitar 2500 Karakter sedangkan Char untuk 200 Karakter saja. sedangkan pada kolom password kita gunakan text, karena nantinya password akan kita enkripsi menggunakan MD5.

Setelah selesai makan akan terlihat nama tabel yang kitan buat dan struktur tabelnya.

Sampai saat ini kita kita sudah selesai pada Tahapan Pembuatan Database MySql.

Selanjutnya Baca : Cara Membuat Koneksi Database MySql Menggunakan PHP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Database MySql di Xampp"

Post a Comment