BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Universitas Almuslim adalah suatu lembaga Pendidikan Tinggi yang terletak di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Universitas Almuslim memiliki enam Fakultas dan satu Diploma III Kebidanan,  masing-masing Fakultas memiliki Program Studi yaitu (1). Fakultas Ilmu Komputer memiliki Program Studi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika. (2). Fakultas Pertanian memiliki Program Studi Agrobisnis, Agroteknologi dan Peternakan (3). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik memiliki Program Studi Adm. Negara dan Program Studi Tata Niaga. (4). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  memiliki Program Studi PGSD, Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, Bahasa Indonesia. (5). Fakultas Teknik memiliki Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Arsitek. (6). Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Ekonomi Pembangunan. (7). Diploma III Kebidanan.
            Pada Fakultas Ilmu Komputer memiliki dua Program Studi yaitu Teknik Informatika dan Manajemen Informatika, Prodi Teknik Informatika yang mengurusi seluruh data Mahasiswa yang melakukan Kegiatan Kerja Praktek Fakultas Ilmu Komputer. Sistem kerja pada Prodi Teknik Informatika sudah menggunakan komputer dalam mendata serta pembuatan tabel laporan tentang Mahasiswa Kerja Praktek dengan menggunakan aplikasi. Prodi Teknik Informatika tempat mendata seluruh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Oleh karena itu setiap kegiatan Mahasiswa ada data pada Prodi Teknik Informatika, salah satu contohnya ialah Pendaftaran Kegiatan Kerja Praktek Fakultas Ilmu Komputer dan pendataan Mahasiswa. Untuk saat ini data Mahasiswa  yang melakukan Kegiatan Kerja Praktek masih harus melihat pengumunam dimana Lokasi Kerja Praktek dan Pada saat Supervisor melakukan survei Mahasiswa yang melakukan Kerja Praktek harus mencari tempat/lokasi Mahasiswa yang melakukan Kegiatan Kerja Praktek, dilihat menurut perkembangan teknologi saat ini begitu meningkat, penggunaan penyimpanan data sudah memadai, namun masih terdapat kekurangan yang dapat menghambat kinerja Prodi Teknik Informatika, yaitu pendataan dan pencarian tempat/lokasi Mahasiwa yang melakukan Kerja Praktek saat Supervisor melakukan Survei
Oleh sebab itu, penulis merancang suatu sistem untuk menyajikan informasi geografis. Dari uraian diatas penulis mengangkat judul “Sistem Informasi Geografis Penentuan Lokasi Mahasiswa Kerja Praktek (KP) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim

1.2 Perumusan Masalah
       Adapun penjelasan tentang rumusan masalah, berdasarkan penjelsan pada latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah yang berhubungan dengan analisa sistem aplikasi ini, yaitu :
1.    Bagaimana membangun Sistem Informasi Geografis Penentuan Lokasi Kerja Praktek Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim berbasis web
2.    Bagaimana cara Penentuan Lokasi Kerja Praktek Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim secara cepat dan mudah.
3.    Bagaimana  cara pengujian dan mengimplementasikan Sistem Informasi Geografis Penentuan Lokasi Mahasiswa Kerja Praktek (KP) Fakultas Fikom Universitas Almuslim.

1.3  Batasan masalah
Dalam mengingat luasnya ruang lingkup permasalahan yang ada, keterbatasan waktu dan  pengetahuan yang kurang dari penulis, maka penulis bermaksud untuk lebih terfokus dan spesifikasi dalam pembahasan masalah sehingga penulis membutuhkan adanya pembatasan masalah.
Adapun batsan masalah yang akan dibahas yaitu :
1.      Penulis melakukan penelitian ini pada prodi Teknik Informatika Fakultas Fikom Univeristas Almuslim.
2.      Sistem informasi geografis bisa diakses  oleh pihak Fakultas Ilmu Komputer untuk mencari lokasi Kerja Praktek Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer.
3.      Dalam  tahap perancangan sistem memakai model data flow diagram.

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah :
1.      Untuk  mengetahui lokasi Mahasiswa Kerja Praktek Fakultas Ilmu Komputer teknik Informatika Universitas Almuslim.
2.      Untuk memberi kemudahan bagi pihak Fakultas Ilmu Komputer untuk mencari lokasi tempat Mahasiswa Kerja Praktek (KP) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim.
3.      Memberikan kemudahan bagi pihak Fakultas Ilmu Komputer dalam mencari dimana Mahasiswa Kerja Praktek (KP) pada saat Supervisor mensurvei lokasi mahasiswa yang lagi melakukan Kerja Praktek.

1.5  Manfaat penelitian
 Adapun manfaat dari penelitian pembuatan skripsi ini adalah :
1.      Untuk memperdalam ilmu yang penulis miliki selama dalam bangku perkuliahan pada jurusan teknik informatika
2.      Memberi kemudahan bagi pihak Fakultas Ilmu Komputer dalam melakukan pencarian mahasiswa yang lagi melakukan Kerja Praktek (KP) dan dapat memudahkan Supervisor dalam melakukan survei Mahasiswa yang lagi melakukan Kerja Praktek (KP)
3.      Memberi kemudahan bagi pihak Fakultas Ilmu Komputer dalam mendata dan mencari Mahasiswa yang melakukan Kerja Praktek (KP) Jurusan Teknik Informatika

1.6  Metode Penelitian
            Metode pengembangan software yang baik, menggunakan tahapan pengembangan Sistem Informasi. Metode ini menurut  Whitten (2007) terdiri dari inisisasi, analisis, desain dan implementasi sistem. Dalam melakukan langkah inisiasi dan analisis, diperlukan pemahaman prosedur yang berhubungan dengan objek yang akan dikembangkan sistemnya dan prosedur adalah rangkaian tahapan demi tahapan dari instruksi dan logika yang digunakan untuk menyelesaikan suatu proses bisnis.
1.    Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data sebagai bahan penyusunan penulisan ilmiah ini dilakukan beberapa cara pengumpulan data. Adapun metode yang dilakukan antara lain :
a)    Studi Pustaka
Dengan mencari berbagai referensi dari berbagai sumber, baik majalah, buku, ataupun dari internet yang berkaitan dan mendukung penulisan ilmiah ini.
b)   Metode Observasi
Teknik atau cara yang dilakukan adalah wawancara, yaitu pengumpulan data melalui Tanya - jawab secara langsung dengan pihak - pihak yang bersangkutan.

2.    Pengembangan Perangkat lunak
1.    System Engineering
Merupakan bagian dari sistem yang terbesar dalam pengerjaan suatu proyek, dimulai dengan menetapkan berbagai kebutuhan dari semua elemen yang diperlukan sistem dan mengalokasikannya kedalam pembentukan perangkat lunak.
2.    Analysis
Merupakan tahap menganalisis hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembuatan perangkat lunak.
3.    Design
Tahap penerjemahan dari data yang dianalisis kedalam bentuk yang mudah dimengerti oleh user.
4.    Coding
Tahap penerjemahan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang keadalam bahasa pemrograman tertentu.
5.    Testing
Merupakan tahap pengujian terhadap perangkat lunak yang dibangun.
6.    Maintenance
Tahap ini merupakan tahap akhir dimana perangkat lunak yang telah selesai diimplementasikan dapat terjadi perubahan-perubahan atau penambahan-penambahan yang disesuaikan dengan keinginan user.

1.5.  Sistematika Penulisan
            Dalam penyusunan penulisan penelitian ini, peneliti akan menjelaskan tentang sistematika penulisan yang terdiri dari beberapa bab, yaitu:
BAB I      PENDAHULUAN
Pokok bahasan meliputi latar belakang permasalahan, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.



BAB II    LANDASAN TEORI
Pokok bahasan menguraikan teori-teori yang mendasari pembahasan secara detail, dapat berupa definisi-definisi atau model yang langsung berkaitan dengan ilmu atau masalah yang diteliti.
BAB III   ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menguraikan tentang analisis terhadap permasalahan yang terdapat di kasus yang sedang diteliti. Meliputi analisis terhadap masalah sistem yang sedang berjalan, analisis hasil solusinya, analisis kebutuhan terhadap sistem yang di usulkan, analisis kelayakan sistem yang diusulkan. Perancangan sistem berisikan metode penyelesaian masalah sistem lama dengan membuat rancangan untuk sistem baru yang diusulkan.
BAB IV   IMPLEMENTASI
Bagian ini berisi penjelasan tentang lingkungan implemetasi (OS, perangkat keras dan bahasa pemrograman yang digunakan), file-file implementasi analisa dan perancangan sistem dari masing-masing modul atau klas (relasinya) serta algoritma yang diimplementasikan.
BAB V    PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN
Untuk kategori topik pengembangan perangkat lunak (dimana perangkat lunak sebagai produk utama/akhir), maka bagian ini berisi penjelasan tentang strategi pengujian (unit, integrasi dan validasi) dan teknik pengujian (black box atau white box) yang dilakukan. Dijelaskan juga seluruh kasus uji beserta hasil pengujiannya.
BAB VI   KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini memuat kesimpulan dan saran dari hasil penelitian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Informasi Geografis Penentuan Lokasi Mahasiswa Kerja Praktek (KP) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim"

Post a Comment